Rabu, 14 September 2011

Resume Analisa Perancangan Berbasis Obyek

Analisa Perancangan Berbasis Obyek


Berorientasi Obyek , merupakan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sebagai kumpulan obyek-obyek diskrit yang saling berinteraksi satu dengan lainnya.

1. modelling activity
2. problemsolving activity

Obyek?
 - Pada Paradigma berorientasi obyek, setiap obyek mempunyai dua pengenal yaitu, Informasi tentang obyek itu dan perilaku yang mengaturnya.

OOP basic Concept
1. Abstraksi
    Merupakan cara paling dasar untuk mengelolah kompleksitas. Juga merupakan kemampuan manusia untuk    mengenali sesuatu yang komplek dengan mengabaikan yang tidak penting dan mana yang signifikan.

   Abstraksi = Filtering , informasi + proses yang relevan dengan sistem yang akan dibangun.

2. Pengkapsulan
   Memisahkan aspek-aspek eksternal obyek yang dapat diakses obyek-obyek lain dari rincian implementasi obyek itu sendiri.

3. Perwarisan (Inheritance)
    Inheritance atau biasa disebut dengan istilah pewarisan, dalam konsep ini kita dapat membuat suatu class baru yang bentuknya dapat disamakan dengan class yang sebelumnya. Atau sebuah class dapat mewariskan sifat-sifatnya ke class turunannya berupa atribut dan operasi.

4. Pengiriman Pesan
    Obyek-obyek dalam sistem bekerja sama dengan cara mengirimkan pesan dari satu obyekke obyek lainnya.

5. Assosiasi
    Dapat diaartikan = 'in the friend of'
    dan sekaligus = 'is the coworker of'

6. Agregasi
    Bentuk yang lebih kuat dari pada Assosiasi

Tidak ada komentar: