Analisa Perancangan Berbasis Obyek
Berorientasi Obyek , merupakan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sebagai kumpulan obyek-obyek diskrit yang saling berinteraksi satu dengan lainnya.
1. modelling activity
2. problemsolving activity
Obyek?
- Pada Paradigma berorientasi obyek, setiap obyek mempunyai dua pengenal yaitu, Informasi tentang obyek itu dan perilaku yang mengaturnya.
OOP basic Concept
1. Abstraksi
Merupakan cara paling dasar untuk mengelolah kompleksitas. Juga merupakan kemampuan manusia untuk mengenali sesuatu yang komplek dengan mengabaikan yang tidak penting dan mana yang signifikan.
Abstraksi = Filtering , informasi + proses yang relevan dengan sistem yang akan dibangun.
2. Pengkapsulan
Memisahkan aspek-aspek eksternal obyek yang dapat diakses obyek-obyek lain dari rincian implementasi obyek itu sendiri.
3. Perwarisan (Inheritance)
Inheritance atau biasa disebut dengan istilah pewarisan, dalam konsep ini kita dapat membuat suatu class baru yang bentuknya dapat disamakan dengan class yang sebelumnya. Atau sebuah class dapat mewariskan sifat-sifatnya ke class turunannya berupa atribut dan operasi.
4. Pengiriman Pesan
Obyek-obyek dalam sistem bekerja sama dengan cara mengirimkan pesan dari satu obyekke obyek lainnya.
5. Assosiasi
Dapat diaartikan = 'in the friend of'
dan sekaligus = 'is the coworker of'
6. Agregasi
Bentuk yang lebih kuat dari pada Assosiasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar