Sabtu, 24 September 2011

Bina Sarana Informasi PSIS

Penerapan Sistem Informasi Strategis pada Bina Sarana Informasi


Pada dasarnya Sistem informasi pada BSI menggunakan sistem online di berbagai penerapan belajar mengajar maupun dalam hal pembayaran dan lain-lain. Namun seperti kita ketahui tidak semua perguruan tinggi menggunakan Sistem Informasi yang terpadu guna meningkatkan kinerja, memudahkan komunikasi, dan efisiensi dari perguruan tinggi tersebut.

Untuk penerapan sistem informasi yang terpadu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dari aspek teknologi yang dimiliki perguruan tinggi tersebut, karena bila teknologi yang dimiliki perguruan tinggi tersebut tidak mendukung untuk proses komunikasi dan penerapan sistem informasi maka hal tersebut akan menjadi sia-sia. Contoh kendala dalam penerapan sistem informasi terpadu semisal “sistem absensi online mahasiswa” dalam hal ini dibutuhkan database yang menyimpan seluruh data dari mahasiswa maupun dosen yang melakukan proses belajar mengajar, apabila dari sistem input database tersebut mengalami kesalahan kecil maka akan berdampak pada seluruh kegiatan belajar dalam perguruan tinggi tersebut.

Dalam BSI tersebut menerapkan strategi online campus dikarenakan kampusnya yang banyak sehingga memerlukan banyaknya sumber daya,dengan menggunakan Sistem informasi ini biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan. Sistem informasi BSI (Sisfo BSI) yang dikembangkan itu digunakan untuk mendukung kegiatan akademis dan proses belajar mengajar,dalam Sisfo BSI itu juga terdapat dua core sistem yaitu Sisfo Pengelolaan data Akademis(Sisfo PDA) dan Sisfo Sumber Daya Manusia(Sisfo SDM). Dengan adanya Sisfo PDA mahasiswa dimudahkan dengan dapat melihat atau mendownload bahan ajar yang akan dipelajari dan dapat pula melihat silabus. Data Ujian mahasiswa juga dapat terekam dalam sistem ini dan nilai hasil ujian juga dapat dilihat langsung. Dalam sistem yang SDM digunakan untuk jadwal kuliah,absensi,dan penilaian performa karyawan.

Untuk memastikan sistem yang ada berjalan dengan lancar,BSI juga punya server sendiri dan juga server co-location(untuk Web). Dalam BSI juga mengembangkan layanan informasi melalui telephone yang disebut  Binus Phone Services.
 
Kesimpulannya yaitu untuk mempermudah komunikasi dan efektifitas perguruan tinggi, Bina sarana informasi(BSI) merancang dan menggunakan Sistem informasi yang berbasis online. Dengan dipergunakan sistem ini BSI mengharapkan agar proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan aplikasi yang ada dalam sistem ini seperti Sisfo PDA dan Sisfo SDM dapat juga membantu mahasiswa dan karyawan untuk melakukan kegiatan akademis.Sistem ini juga dapat memantau proses belajar mengajar yang telah terjadi.

 Opini saya :
Penerapan IT pada bidang apa saja memang dapat memberikan dampak yang luar biasa efektif, tapi dapat juga mendapatkan kondisi yang sebaliknya. Pada kasus kampus BSI, terapan TI memang mereka butuhkan untuk mengatasi masalah internal kampus mereka. Dengan sumber daya yang ada dari kampus sendiri maka TI yang mereka pakai tidak menjadi masalah yang cukup besar dalam lingkup perkuliahan.

1 komentar:

Donny Kurniawan mengatakan...

Nama : Donny Kurniawan
NIM : 09410110013

Opini Individu :
Penerapan Sistem informasi pada BSI memang sangat mempermudah dalam komunikasi dan efektifitas perguruan tinggi.Dengan digunakannya sistem ini diharapkan proses belajar dan mengajar di BSI menjadi lebih efektif dan efisien.Tetapi meski canggihnya SI pada BSI tentu masih akan ada kendala yang dimiliki,terutama pada SDM yang tersedia.