Minggu, 02 Oktober 2011

Resume Analisa Perancangan Berbasis Obyek pt.4

Activity Diagram

Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.

Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.

Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas.

Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Decision digunakan untuk menggambarkan behaviour pada kondisi

tertentu. Untuk mengilustrasikan proses-proses paralel (fork dan join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal. Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.




1. Activity
  • Activity menggambarkan sebuah pekerjaan/tugas dalam workflow.
  • Pada UML, activity digambarkan dengan simbol belah ketupat=‘lozenge’ (horizontal top and bottom with convex sides).
2. Start State
  • Start state dengan tegas menunjukkan dimulainya suatu workflow pada sebuah activity diagram.
  • Hanya ada satu start state dalam sebuah workflow.
  • Pada UML, start state digambarkan dengan simbol lingkaran yang solid.
3. End State
  • End state menggambarkan akhir atau terminal dari pada sebuah activity diagram.
  • Bisa terdapat lebih dari satu end state pada sebuah activity diagram.
  • Pada UML, end state digambarkan dengan simbol sebuah bull’s eye.
4. State Transition
  • State transition menunjukkan kegiatan apa berikutnya setelah suatu kegiatan sebelumnya.
  • Pada UML, state transition digambarkan oleh sebuah solid line dengan panah.
5. Decision
  • Decision adalah suatu titik/point pada activity diagram yang mengindikasikan suatu kondisi dimana ada kemungkinan perbedaan transisi.
  • Pada UML, decision digambarkan dengan sebuah simbol diamond.
6. Swimlane
  • Object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.


Tidak ada komentar: